MODUL BELAJAR Ms. EXCEL 2003

Senin, 12 November 2012

 MODUL BELAJAR Ms. EXCEL 2003
 Teori Dasar Excel
Microsoft Excel merupakan salah satu program dalam windows untuk mengolah data yang berupa angka
dan lembar kerja terdiri dari worksheet (lembar kerja).
Jika pernah mempelajari Microsoft Word maka untuk mempelajari Microsoft Excel tidaklah begitu sulit,
dikarenakan menu-menu yang ada hampir sama dengan menu-menu yang ada di microsoft Word.





Worksheet dalam Excel terdiri dari kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan sel
( sel A1, A2, B1, B2 dst.). Sel-sel dalam Excel dapat diisi dengan data-data dengan jenis yang berbeda.
Ada tiga jenis data yang dapat dimasukkan dalam lembar kerja, yaitu:
1. Label, berupa potongan teks/naskah, dengan ciri kas akan rata kiri apabila kita masukkan dalam sel.
2. Angka ( numerik), berupa bilangan / angka, dengan ciri akan rata kanan
3. Rumus (formula), berupa rumus perhitungan dalam Excel, dengan ciri khas selalu diawali dengan
tanda sama dengan ( = ).
Semua type data diatas dapat dirubah aligmentnya sesuai dengan yang kita inginkan, dengan cara di blok
dulu sel mana yang akan diubah lalu tunjuk salah satu aligment (rata kiri, tengah, kanan).
MENGATUR KERTAS
Menentukan batas-batas pengetikan dan bentuk kertas
1. Klik menu File Klik Page Setup
2. Klik margin (untuk menentukan batas pengetikan)
Top : Mengatur batas atas kertas
Bottom : Mengatur batas bawah kertas
Left : Mengatur batas kiri kertas
Right : Mengatur batas kanan kertas
3. Klik Page (mengatur ukuran kertas)
Tentukan kertas yang digunakan pada paper size, klik anak panah kebawah sebelah kanan 
 4. Klik Ok
MEMASUKKAN DATA
1. Pindahkan penunjuk sel (menggunakan anak panah ke bawah, atas kanan atau kiri, atau bisa juga
menggunakan mouse) ke sel dimana data ingin dimasukkan
2. Ketik datanya lalu enter, untuk merubah data yang telah dimasukkan, letakkan sel pada data tersebut,
kemudian tekan F2
MEMINDAH SEL
1. Pilih sel/range yang akan dipindahkan
2. Lalu klik toolbar Cut ( atau dari menu Edit Cut)
3. Pindahkan sel ketempat yang dinginkan
4. Klik toolbar Paste ( atau dari menu Edit Paste)
MENGKOPY ISI SEL
1. Pilih sel/range yang akan dicopy
2. Lalu klik toolbar Copy ( atau dari menu Edit Copy)
3. Pindahkan sel ketempat yang dinginkan
4. Klik toolbar Paste ( atau dari menu Edit Paste)
MEMBUAT NOMOR URUT
1. Awali angka awal pembuatan nomor urut dengan tanda petik atas (‘1)
2. Lalu copylah kebawah penunjuk sel di letakkan pada pojok kanan bawah, lalu tariklah kebawah
atau kekanan sesuai keinginan.
MENYISIPI SEL, BARIS ATAU KOLOM
1. Tunjuk sel mana yang akan di sisipi
2. Lalu blok kolom atau baris sebanyak yang ingin kita sisipi
3. Klik menu Insert colums / row
3
MENGHAPUS BARIS/KOLOM
1. Tunjuk sel pada baris atau kolom yang akan dihapus
2. Lalu klik menu Edit, kemudian pilih Delete
MERUBAH LEBAR BARIS
1. Blok range/daerah lembar kerja
2. Pilih Format Row Height
3. Isikan nilainya, tekan OK
4. Atau dengan cara : letakkan kursor berada pada garis baris yang akan diperlebar disebelah paling kiri
( pada tulisan 1,2,3…), kemudian tarik kebawah/keatas
MERUBAH LEBAR KOLOM
1. Blok range/daerah lembar kerja
2. Pilih Format Column Width
3. Isikan nilainya, tekan OK
4. Atau dengan cara : letakkan kursor berada pada garis kolom yang akan diperlebar disebelah paling
atas ( pada tulisan A,B,C…), kemudian tarik kekanan/kekiri
MENGGABUNG SEL
1. Blok sel yang akan di gabung
2. Klik menu Format Cells
3. Klik Alignment
4. Pada text Alignment Horisontal dan Vertical dibuat Center
5. Lalu pada Text Control klik pada Merge Cell
MENENGAHKAN JUDUL
1. Blok judul sepanjang kolom yang ada
2. Lalu klik toolbar Merge and Center ( atau dengan langkah-langkah seperti pada menggabungkan sel,
seperti diatas)
 MEMFORMAT ISI SEL
1. Blok sel yang akan di format
2. Klik menu Format Cells
1. Number : memformat sel berupa angka dalam bentuk-bentuk tertentu pada Category, terdapat
beberapa kategori:
General : bentuk umum
Currency : memformat data dengan satuan mata uang
Data : memformat data berupa tanggal. Dst.
2. Alignment : mengatur teks
3. Font : mengatur jenis huruf
4. Border : mengatur jenis garis pada border
5. Patern : memberi warna sel
MENYISIPI GAMBAR
1. Klik menu Insert Picture Clip Art
2. Pilih gambar yang diinginkan
3. Klik OK
MEMBUAT BORDIR
1. Blok tabel yang akan diberi bordir tersebut.
2. Klik anak panah kecil sebelah kanan toolbar Bordir atau klik Format Cells.. kemudian pilih Borders
3. Tentukan bordir yang diinginkan.
MENGURUTKAN DATA
1. Blok data yang akan diurutkan
2. Klik menu Data Sort
3. Pilih model pengurutan data (Ascending atau Descending, Ascending digunakan untuk mengurutkan
data dari data terkecil, Descending kebalikannya)
MENCETAK LEMBAR KERJA
1. Tampilkan dulu lembar kerja ke layar( Print Preview)
2. Klik menu File Klik Print Preview
Kemudian setelah semua lembar kerja telah sesuai dengan yang kita inginkan, maka barulah proses
cetak kita lakukan, dengan cara:
1. Klik menu File Klik Print
Pada Print Range, ada dua pilihan: All dan Page(s) From… to From… All berarti kita akan mencetak
semua halaman, Page(s) From … to From … mencetak halaman tertenu saja
 2. Klik OK
RUMUS DAN FORMULA
Operator Matematika:
^ : Pangkat
/ : Bagi
* : Kali
- : Kurang
+ : Tambah
Setiap awal pengetikan dalam Excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=)
FUNGSI STATISTIK
COUNT : Menentukan banyaknya data, ex. = COUNT(A1;A6) atau = COUNT(A1..A6), yaitu
menentukan banyaknya data dari sel A1 sampai A6.
SUM : Menentukan total / jumlah data, ex. = SUM(A1;A6) atau = SUM(A1..A6), yaitu
menjumlahkan data dari sel A1 sampai A6.
AVERAGE : Menghitung nilai rata-rata, ex. = AVERAGE(A1;A6) atau = AVERAGE(A1..A6),
yaitu menentukan rata-rata data dari sel A1 - A6.
MAX : Menentukan nilai tertinggi, ex. = MAX(A1;A6) atau = MAX(A1..A6), yaitu mencari
data tertinggi dari sel A1 sampai A6.
MIN : Menentukan nilai terendah, ex. = MIN(A1;A6) atau = MIN(A1..A6), yaitu mencari
data terendah dari sel A1 sampai A6.
ALAMAT ABSOLUT
Untuk mendapatkan alamat yang tetap/mutlak meskipun kita copy kearah manapun, dengan cara
memberi alamat absolut pada baris atau kolom yang diinginkan. Dengan cara kita tambahkan tanda $.
Ketentuan : UPAH = 1000 x JAM
1000 berada pada sel B1, maka untuk mengisikan rumus pada D3 adalah: = $B$1*D3, untuk mengisikan
D4 dan seterusnya kita tinggal mengkopikan dari rumus yang telah di ketik di sel D3, karena untuk nilai
1000 (B1) tidak boleh berubah maka harus di beri alamat absolut ($B$1).

FUNGSI LOGIKA
Macam-macam logika adalah : =, <, >, <=, >=, <>
Bentuk umum =IF(X=n,A,B)
FUNGSI STRING
Macam-macam fungsi string :
=LEFT (x,n) : digunakan untuk mengambil sting di sel x dari kiri sebanyak n karakter
=RIGHT (x,n) : digunakan untuk mengambil sting di sel x dari kanan sebanyak n karakter
=MID(x,m,n) : di gunakan untuk mengambil string di sel x yang pengambilannya dimulai
dari hitungan ke m dari kiri sebanyak n karakter
FUNGSI DATE (TANGGAL)
Dalam Excel penulisan data dalam bentuk tanggal sangatlah mudah, tingal menulis dengan urutan
hari tanggal dan tahun. 2 karakter untuk tanggal, 3 karakter untuk bulan, 2 karakter untuk tahun. Untuk
pemisah menggunakan tanda hubung -. Contohnya: 3-08-80
Tapi kalau kita ingin format yang lain, Excel juga menyediakan. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Blok dulu datanya
2. Klik menu Format Cells
3. Pada Number pilih Date
4. Tunjuk salah satu bentuk data tanggal yang diinginkan
5. Ok
FUNGSI TIME ( WAKTU)
Untuk penulisan data waktu, dengan urutan jam, menit, lalu detik, yang di pisahkan dengan tanda :
(titik dua), ex: 13:40:09
Tapi kalau kita ingin format yang lain, Excel juga menyediakan. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Blok dulu datanya
2. Klik menu Format Cells
3. Pada Number pilih Time
4. Tunjuk salah satu bentuk data waktu yang diinginkan
5. Ok

Mau yang Lebih Lengkap Lagi download disini AnitaTriahandayani

0 komentar:

Posting Komentar

Senin, 12 November 2012

MODUL BELAJAR Ms. EXCEL 2003

 MODUL BELAJAR Ms. EXCEL 2003
 Teori Dasar Excel
Microsoft Excel merupakan salah satu program dalam windows untuk mengolah data yang berupa angka
dan lembar kerja terdiri dari worksheet (lembar kerja).
Jika pernah mempelajari Microsoft Word maka untuk mempelajari Microsoft Excel tidaklah begitu sulit,
dikarenakan menu-menu yang ada hampir sama dengan menu-menu yang ada di microsoft Word.





Worksheet dalam Excel terdiri dari kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan sel
( sel A1, A2, B1, B2 dst.). Sel-sel dalam Excel dapat diisi dengan data-data dengan jenis yang berbeda.
Ada tiga jenis data yang dapat dimasukkan dalam lembar kerja, yaitu:
1. Label, berupa potongan teks/naskah, dengan ciri kas akan rata kiri apabila kita masukkan dalam sel.
2. Angka ( numerik), berupa bilangan / angka, dengan ciri akan rata kanan
3. Rumus (formula), berupa rumus perhitungan dalam Excel, dengan ciri khas selalu diawali dengan
tanda sama dengan ( = ).
Semua type data diatas dapat dirubah aligmentnya sesuai dengan yang kita inginkan, dengan cara di blok
dulu sel mana yang akan diubah lalu tunjuk salah satu aligment (rata kiri, tengah, kanan).
MENGATUR KERTAS
Menentukan batas-batas pengetikan dan bentuk kertas
1. Klik menu File Klik Page Setup
2. Klik margin (untuk menentukan batas pengetikan)
Top : Mengatur batas atas kertas
Bottom : Mengatur batas bawah kertas
Left : Mengatur batas kiri kertas
Right : Mengatur batas kanan kertas
3. Klik Page (mengatur ukuran kertas)
Tentukan kertas yang digunakan pada paper size, klik anak panah kebawah sebelah kanan 
 4. Klik Ok
MEMASUKKAN DATA
1. Pindahkan penunjuk sel (menggunakan anak panah ke bawah, atas kanan atau kiri, atau bisa juga
menggunakan mouse) ke sel dimana data ingin dimasukkan
2. Ketik datanya lalu enter, untuk merubah data yang telah dimasukkan, letakkan sel pada data tersebut,
kemudian tekan F2
MEMINDAH SEL
1. Pilih sel/range yang akan dipindahkan
2. Lalu klik toolbar Cut ( atau dari menu Edit Cut)
3. Pindahkan sel ketempat yang dinginkan
4. Klik toolbar Paste ( atau dari menu Edit Paste)
MENGKOPY ISI SEL
1. Pilih sel/range yang akan dicopy
2. Lalu klik toolbar Copy ( atau dari menu Edit Copy)
3. Pindahkan sel ketempat yang dinginkan
4. Klik toolbar Paste ( atau dari menu Edit Paste)
MEMBUAT NOMOR URUT
1. Awali angka awal pembuatan nomor urut dengan tanda petik atas (‘1)
2. Lalu copylah kebawah penunjuk sel di letakkan pada pojok kanan bawah, lalu tariklah kebawah
atau kekanan sesuai keinginan.
MENYISIPI SEL, BARIS ATAU KOLOM
1. Tunjuk sel mana yang akan di sisipi
2. Lalu blok kolom atau baris sebanyak yang ingin kita sisipi
3. Klik menu Insert colums / row
3
MENGHAPUS BARIS/KOLOM
1. Tunjuk sel pada baris atau kolom yang akan dihapus
2. Lalu klik menu Edit, kemudian pilih Delete
MERUBAH LEBAR BARIS
1. Blok range/daerah lembar kerja
2. Pilih Format Row Height
3. Isikan nilainya, tekan OK
4. Atau dengan cara : letakkan kursor berada pada garis baris yang akan diperlebar disebelah paling kiri
( pada tulisan 1,2,3…), kemudian tarik kebawah/keatas
MERUBAH LEBAR KOLOM
1. Blok range/daerah lembar kerja
2. Pilih Format Column Width
3. Isikan nilainya, tekan OK
4. Atau dengan cara : letakkan kursor berada pada garis kolom yang akan diperlebar disebelah paling
atas ( pada tulisan A,B,C…), kemudian tarik kekanan/kekiri
MENGGABUNG SEL
1. Blok sel yang akan di gabung
2. Klik menu Format Cells
3. Klik Alignment
4. Pada text Alignment Horisontal dan Vertical dibuat Center
5. Lalu pada Text Control klik pada Merge Cell
MENENGAHKAN JUDUL
1. Blok judul sepanjang kolom yang ada
2. Lalu klik toolbar Merge and Center ( atau dengan langkah-langkah seperti pada menggabungkan sel,
seperti diatas)
 MEMFORMAT ISI SEL
1. Blok sel yang akan di format
2. Klik menu Format Cells
1. Number : memformat sel berupa angka dalam bentuk-bentuk tertentu pada Category, terdapat
beberapa kategori:
General : bentuk umum
Currency : memformat data dengan satuan mata uang
Data : memformat data berupa tanggal. Dst.
2. Alignment : mengatur teks
3. Font : mengatur jenis huruf
4. Border : mengatur jenis garis pada border
5. Patern : memberi warna sel
MENYISIPI GAMBAR
1. Klik menu Insert Picture Clip Art
2. Pilih gambar yang diinginkan
3. Klik OK
MEMBUAT BORDIR
1. Blok tabel yang akan diberi bordir tersebut.
2. Klik anak panah kecil sebelah kanan toolbar Bordir atau klik Format Cells.. kemudian pilih Borders
3. Tentukan bordir yang diinginkan.
MENGURUTKAN DATA
1. Blok data yang akan diurutkan
2. Klik menu Data Sort
3. Pilih model pengurutan data (Ascending atau Descending, Ascending digunakan untuk mengurutkan
data dari data terkecil, Descending kebalikannya)
MENCETAK LEMBAR KERJA
1. Tampilkan dulu lembar kerja ke layar( Print Preview)
2. Klik menu File Klik Print Preview
Kemudian setelah semua lembar kerja telah sesuai dengan yang kita inginkan, maka barulah proses
cetak kita lakukan, dengan cara:
1. Klik menu File Klik Print
Pada Print Range, ada dua pilihan: All dan Page(s) From… to From… All berarti kita akan mencetak
semua halaman, Page(s) From … to From … mencetak halaman tertenu saja
 2. Klik OK
RUMUS DAN FORMULA
Operator Matematika:
^ : Pangkat
/ : Bagi
* : Kali
- : Kurang
+ : Tambah
Setiap awal pengetikan dalam Excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=)
FUNGSI STATISTIK
COUNT : Menentukan banyaknya data, ex. = COUNT(A1;A6) atau = COUNT(A1..A6), yaitu
menentukan banyaknya data dari sel A1 sampai A6.
SUM : Menentukan total / jumlah data, ex. = SUM(A1;A6) atau = SUM(A1..A6), yaitu
menjumlahkan data dari sel A1 sampai A6.
AVERAGE : Menghitung nilai rata-rata, ex. = AVERAGE(A1;A6) atau = AVERAGE(A1..A6),
yaitu menentukan rata-rata data dari sel A1 - A6.
MAX : Menentukan nilai tertinggi, ex. = MAX(A1;A6) atau = MAX(A1..A6), yaitu mencari
data tertinggi dari sel A1 sampai A6.
MIN : Menentukan nilai terendah, ex. = MIN(A1;A6) atau = MIN(A1..A6), yaitu mencari
data terendah dari sel A1 sampai A6.
ALAMAT ABSOLUT
Untuk mendapatkan alamat yang tetap/mutlak meskipun kita copy kearah manapun, dengan cara
memberi alamat absolut pada baris atau kolom yang diinginkan. Dengan cara kita tambahkan tanda $.
Ketentuan : UPAH = 1000 x JAM
1000 berada pada sel B1, maka untuk mengisikan rumus pada D3 adalah: = $B$1*D3, untuk mengisikan
D4 dan seterusnya kita tinggal mengkopikan dari rumus yang telah di ketik di sel D3, karena untuk nilai
1000 (B1) tidak boleh berubah maka harus di beri alamat absolut ($B$1).

FUNGSI LOGIKA
Macam-macam logika adalah : =, <, >, <=, >=, <>
Bentuk umum =IF(X=n,A,B)
FUNGSI STRING
Macam-macam fungsi string :
=LEFT (x,n) : digunakan untuk mengambil sting di sel x dari kiri sebanyak n karakter
=RIGHT (x,n) : digunakan untuk mengambil sting di sel x dari kanan sebanyak n karakter
=MID(x,m,n) : di gunakan untuk mengambil string di sel x yang pengambilannya dimulai
dari hitungan ke m dari kiri sebanyak n karakter
FUNGSI DATE (TANGGAL)
Dalam Excel penulisan data dalam bentuk tanggal sangatlah mudah, tingal menulis dengan urutan
hari tanggal dan tahun. 2 karakter untuk tanggal, 3 karakter untuk bulan, 2 karakter untuk tahun. Untuk
pemisah menggunakan tanda hubung -. Contohnya: 3-08-80
Tapi kalau kita ingin format yang lain, Excel juga menyediakan. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Blok dulu datanya
2. Klik menu Format Cells
3. Pada Number pilih Date
4. Tunjuk salah satu bentuk data tanggal yang diinginkan
5. Ok
FUNGSI TIME ( WAKTU)
Untuk penulisan data waktu, dengan urutan jam, menit, lalu detik, yang di pisahkan dengan tanda :
(titik dua), ex: 13:40:09
Tapi kalau kita ingin format yang lain, Excel juga menyediakan. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Blok dulu datanya
2. Klik menu Format Cells
3. Pada Number pilih Time
4. Tunjuk salah satu bentuk data waktu yang diinginkan
5. Ok

Mau yang Lebih Lengkap Lagi download disini AnitaTriahandayani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar