Rangkuman CorelDraw

Minggu, 25 November 2012

RANGKUMAN MATERI CORELDRAW BAB VII
 
*** BEKERJA DENGAN WARNA ***   

*PENTINGNYA PENGGUNAAN WARNA YANG EFEKTIF*
Untuk menggunakan warna secara efektif, perhatikan tip berikut ini:
1.   tentukan target sasaran anda
2.   gunakan warna seperlunya
3.   penggunaan scheme warna
4.   buatlah desain yang sederhana 


* MEMILIH WARNA MENGGUNAKAN COLOR   PALETTE DOCKER *
Menambahkan warna pada pada color palette dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.       klik ikon menu PALETTE pda Palette Window sehingga muncul menu Pallette
2.       klik menu EDIT > PAKET EDITOR pada menu bar sehinngga tampil kotak dialog PALETTE EDITOR
3.       klik tombol ADD COLOR sehingga muncul kotak dialog SELECT COLOR
4.       pilih satu warna yang ingin digunakan

Jika ingin mengubah warna, misal dari merah kehijau:
1.   klik contoh warna pada color bar disamping kanannya
2.   klik warna hijau sehingga muncul Color Scheme warna hijau, dari gelap hingga terang
3.   klik warna yang sesuai dengan keinginan anda, dan klik tombol ADD TO PALETTE sehingga warna pilihan tersebut akan tampil pada Color Palette

Menghapus warna pada color palette:
Jika warna tambahan yang anda buat sudah tidak diperlukan lagi, anda dapat menghapusnya dengan memilih warna tersebut pada Palette Editor lalu klik tombol DELETE COLOR. Jika muncul kotak dialog peringatan, klik tombol YES

Menggunakan Fixed Palette:
CorelDraw menggunakan setting warna CMYK dan RGB sebagai warna defaultnya. Namun anda dapat juga menggunakan Fixed Palette yang merupakan paten dari perusahaan-perusahaan terkenal seperti Pantone, Trumacht. Focoltone. Palet ini memiliki koleksi warna yang paling luas.

* MEMILIH WARNA DENGAN COLOR MIXER *
Untuk menggunakan Color Mixer:
1.   pilihlah sebuah objek yang ingin diwarnai
2.   tekan tombol SHIFT+F11 pada keyboard untuk membuka kotak dialog UNIFORM FILL
3.   pada kotak dialog SELECT COLOR, klik tab MIXER 

Mencampur warna dengan Color Harmonies:
Untuk mendapatkan warna campuran, klik tombol MODEL SELECTOR untuk menentukan model warna yang dikehendaki, kemudian pilih tipe HUE dari warna melalui menu drop down HUES

Uraian dari warna tersebut
-       COOLER: menampilkan variasi warna kearah warna yang sejuk
-       WARMER: menampilkan variasi kearah warna yang hangat
-       DARKER: menampilkan variasi kearah warna yang lebih gelap
-       LIGHTER: menampilkan variasi kearah warna yang lebib muda
-       LESS SATURATION: menampilkan variasi kearah warna yang semakin memucat


* MENGATUR SETTING PALETTE PROPERTIES * 

Membuka Color Palette lakukan langkah berikut ini:
1.   klik menu WINDOWS > COLOR PALETTEs > OPEN PALETTE
2.   pilih drive dan folder color palettes tempat menyimpan file color palette, kemudian klik dua kali pada warna tersebut

Menutup Color Palette lakukan langkah berikut ini:
1.   klik kanan dibagian atas pada batas color palette
2.   klik menu PALETTE > CLOSE

Membuat Color Palette:
Menggunakan Palet Editor lakukan langkah berikut ini
1.   klik menu WINDOW > COLOR PALETTE > PALET EDITOR
keterangan:
-       add color
-       edit color
-       delete color
-       sort color
    2. klik tombol NEW PALETTE kemudian ketikkan nama filenya dan klik SAVE

Membuat Color Palette Melalui Objek lakukan langkah berikut ini:
1.   seleksi objek yang telah diberi warna
2.   klik menu WINDOWS > COLOR PALETTE > CREATE PALETTE FROM SELECTION
3.   pada kotak dialog SAVE PALETTE AS, ketikkan nama filenya
4.   klik tombol SAVE

Membuat Color Palette melalui Dokumen lakukan langkah berikut:
1.        klik menu WINDOWS > COLOR PALETTES >CREATE PALETTE FROM DOCUMENT
2.        pada kotak dialog ketik nama filenya
3.   klik tombol SAVE untuk menyimpannya


* MEWARNAI OBJEK *

Menggunakan fasilitas UNIFORM FILL lakukan langkah berikut ini:
·      pilih objek yang akan diwarnai
·      bukalah flyout INTERACTIVE FILL dan klik INTERACTIVE FILL TOOL 
·      pada property bar, pilih UNIFORM FILL pada bagian FILL TYPE dan tentukan setting yang diinginkan
·      atur setting yang anda inginkan, dan tekan tombol ENTER bila telah selesai

Menggunakan COLOR SPOT lakukan langkah berikut ini:
·      seleksi objek yang akan diwarnai
·      buka flyout FILL TOOL dan klik ikon FILL COLOR DIALOG
·      pada kotak dialog UNIFORM FILL, klik tab PALETTE dan pilih jenis dari kotak daftar PALETTE
·      pilih warna yang diinginkan, kemudian klik tombol OK

Menggunakan Color Viewer lakukan langkah berikut:
·      seleksi objek yang akan digunakan
·      buka flyout FILL TOOL dan klik pada ikon FILL COLOR DIALOG
·      pada kotak dialog UNIFORM FILL klik tab MODELLS, pilih jenis model warna dari kotak daftar model
·      klik tombol option dan pilih COLOR VIWERS
·      pilih warna yang akan digunakan

Menggunakan COLOR  HARMONIES lakukan langkah berikut:
·      seleksi objek yang akan digunakan
·      buka flyout FILL TOOL dan klik ikon FILL COLOR DIALOG
·      pada kotak dialog UNIFORM FILL klik tab MIXER
klik tombol OPTION > MIXER > COLOR HARMONIES
·      pilih bentuk warna yang diinginkan dari kotak daftar HUES dan pilih juga variasinya dari kotak daftar VARIATION
·      pilih satu warna yang diinginkan dan tombol OK

Menggunakan COLOR BLENDS lakukan langkah berikut ini:
·      pilih objek yang ingin digunakan
·      tekan tombol SCHIF+F11 pada keyboard
·      pada kotak dialog UNIFORM FILL klik tab MIXER
·      klik tombol OPTION > MIXER > COLOR BLEND
·      pilih warna objek yang diseleksi kemudian klik tombol OK

Menggunakan fasilitas FOUNTAIN FILL
CorelDraw mempunyai empat macam Fountain Fill yaitu:
·      Linear Fountain Fill
·      Conical Fountain Fill
·      Radial Fountain Fill
·      Square Fountai Fill

Menggunakan Fountain Fill Presets lakukan langkah berikut ini:
·      pilih objek yang akan diwarnai
·      bukalah flyout FILL, lalu klik FOUNTAIN FILL
·      tentukan setting yang diinginkan, kemudian klik tombol OK
Membuat campuran warna pada Fountain Fill, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.   pilih objek yang akan diwarnai
2.   tampilkan kotak dialog FOUNTAIN FILL dengan menekan tombol F11
3.   aktifkan pilihan CUSTOM dengan meng klik lingkaran disampingnya sehingga kotak warna dibawahnya berubah bentuk
4.   klik diatas bidang warna, diantara titik warna kiri dan warna kanan sehingga muncul garis titik-titik. Pada sepanjang garis inilah anda dapat klik posisi dimana anda akan menyisipkan warna tambahan
5.   sekarang pilih warna yang anda kehendaki dari Color Palette disebelah kanan. Jika warna yang anda kehendaki tidak tampak, geserlah slider kebawah. Jika masih belum ada, klik tombol OTHER untuk menampilkan COLORS MODEL

Membuat atribut Fountain Fill
Fountai Fill mempunyai beberapa atribut yang dapat anda atur agar menghasilkan warna yang diinginkan:
-       Angle
-       Step
-       Edge Pad
-       Horizontal
-       Vertical

Menggunakan Fountain Color Presets lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. pilih objek yang akan diwarnai
2. bukalah kotak dialog FOUNTAIN FILL dengan    menekan tombol F11

3. pilihlah FILL dari kotak daftar PRESETS
4. Jika perlu melakukan perubahan lakukan editing seperlunya

Menggunakan Fasilitas PATTERN FILL
CorelDraw memiliki fasilitas Pattern Fill yang dapat anda gunakan dengan beberapa pilihan berikut ini:
-       Two Color
-       Full Color
-       Bitmap Pattern Fill

Untuk menggunakan Pattern Fill, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.   pilih objek yang akan diisi warna
2.   tampilkan kotak dialog PATTERN FILL
3.   pilih jenis Pattern Fill yang dikehendaki, TWO COLOR, FULL COLOR, atau BITMAP
4.   pilih motif yang dikehendaki dengan klik tombol pemilih disebelah kanan contoh motif sehingga akan terbuka jendela yang lebih lebar yang berisi contoh-contoh motif
5.   untuk melihat bagian lain dari jendela ini geserlah balok geser disebelah kanan jendela

Untuk membuat Pattern Fill Two-Color lakukan langkah berikut ini:
1.     pada Property Bar, klik tools CREATE PATTERN sehingga muncul kotak dialog CREATE PATTERN
2.     pada bagian TYPE tandai pilihan TWO-COLOR
3.     pada area RESOLUTION pilih salah satu opsi
-       LOW untuk membuat motif dua warna dengan resolusi rendah
-       MEDIUM untuk membuat motif dua warna dengan resolusi sedang
-       HIGH untuk membuat motif dua warna dengan resolusi tinggi
4.     pilihlah gambar yang akan dijadikan motif dalam fill ini, bila telah selesai klik OK

Untuk membuat motif Pattern Fill dengan jalan mengimpor image, lakukan langkah berikut ini:
1.   pilihlah objek yang akan diwarnai
2.   bukalah FILL FLYOUT, kemudian klik tombol PATTERN FILL
3.   pilihlah salah satu diantara opsi berikut
-       Two Color
-       Full Color
-       Bitmap
4.   klik tombol LOAD
5.   pada kotak dialog IMPORT, pilihlah folder yang memuat nama gambar yang ingin anda pergunakan sebagai motif
6.   klik ganda nama file tersebut
7.   tandai pilihan PREVIEW untuk menampilkan isi file sebelum anda memilihnya

Menggunakan fasilitas TEXTURE FILL
Untuk melakukan Texture  Fill lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.   pilih objek yang akan diwarnai
2.   bukalah FILL FLYOUT lalu klik TEXTURE FILL untuk membuka kotak dialognya
3.   pilihlah TEXTURE LIBRARY dari kotakdaftar TEXTURE LIBRARY
4.   pilih texturenya dari daftar TEXTURE. Tampilan dari texture yang anda pilih akan tampak pada dibawahnya

Untuk menggunakan Texture Fill melalui Property bar adalah sebagai berikut:
1.   pilih objek yang akan diwarnai
2.   klik flyout INTERACTIVE FILL, lalu klik TEXTURE FILL pada Property Bar
3.   pilih tekstur yang diinginkan pada bagian TEXTURE

Untuk memodifikasi Texture Fill lakukan langkah berikut ini:
-       untuk membuat Custom texture Fill: lakukan penataan setting yang diinginkan pada area STYLE NAME
-       untuk penggantian ukuran Texture Tiles: klik pombol TILING, ketikan ukurannya pada kotak WIDTH dan HEIGHT
-       untuk menentukan titik awal tekstur: klik tombol TILING, dan ketikkan posisinya pada kotak X dan Y
-       untuk menentukan posisi Offset Tile: klik tombol TILING, pilih ROW atau COLUMM. Ketikkan nilai pada kotak ROTATE
-       untuk mencondongkan texture fill: klik tombol TILING , dan ketikkan nilai pada kotak SKEW
-       untuk membuat efek cermin Texture Fill: klik tombol TILING, aktifkan pilihan pada kotak MIRROR FILL


Menggunakan Fasilitas POSTSCRIPT TEXTURE FILL
Untuk menggunakan warna tekstur PostScript, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. seleksi objek yang akan diwarnai
2. buka INTERACTIVE FILL FLYOUT lalu klik INTERACTIVE FILL TOOL
3. PADA Property Bar, pilih POSTSCRIPT dari kotak daftar FILL TYPE
4. pilih gambar PostScript yang diinginkan pada kotak POSTSCRIPT FILL TEXTURE

Untuk mengubah nilai Parameter lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.        pada FILL FLYOUT, pilih POSTSCRIPT FILL sehingga muncul kotak dialog POSTSCRIPT TEXTURE
2.        pada Property bar, klik ikon EDIT FILL

Menggunakan fasilitas MESH FILL
Untuk membuat Mesh Fill pada objek, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.   seleksi objek yang akan diwarnai
2.   buka INTERACTIVE FILL FLYOUT dan klik pada INTERACTIVE MESH FILL TOOL
3.   pada Property Bar, ketikkan angka untuk menentukan jumlah kolom pada kotak isian GRID SIZE, bila telah selesai tekan tombol ENTER
4.   untuk menambah Intersection, klik ikon ADD INTERSECTION
5.   untuk menambahkan node diobjek mesh fill, tekan dan tahan tombol SHIFT kemudian klik dua kali pada bagian yang ingin ditambahkan node tersebut
6.   untuk menghilangkan node atau intersection, klik node yang ingin dihilangkan kemudian klik tombol DELETE NODE pada Property Bar
7.   untuk memindahkan node, drag node ketempat baru
8.   untuk jumlah barisnya, ketikkan angkanya pada kotak isian dibagian bawah GRID SIZE dan tekan tombol ENTER
9.   sekarang akan terlihat node pada grid objek, anda bisa mengaturnya sampai mendapatkan bentuk yang diinginkan


 Mau Materi CorelDraw yang lebih Lengkap lagi ?? Download Anita




0 komentar:

Posting Komentar

Minggu, 25 November 2012

Rangkuman CorelDraw

RANGKUMAN MATERI CORELDRAW BAB VII
 
*** BEKERJA DENGAN WARNA ***   

*PENTINGNYA PENGGUNAAN WARNA YANG EFEKTIF*
Untuk menggunakan warna secara efektif, perhatikan tip berikut ini:
1.   tentukan target sasaran anda
2.   gunakan warna seperlunya
3.   penggunaan scheme warna
4.   buatlah desain yang sederhana 


* MEMILIH WARNA MENGGUNAKAN COLOR   PALETTE DOCKER *
Menambahkan warna pada pada color palette dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.       klik ikon menu PALETTE pda Palette Window sehingga muncul menu Pallette
2.       klik menu EDIT > PAKET EDITOR pada menu bar sehinngga tampil kotak dialog PALETTE EDITOR
3.       klik tombol ADD COLOR sehingga muncul kotak dialog SELECT COLOR
4.       pilih satu warna yang ingin digunakan

Jika ingin mengubah warna, misal dari merah kehijau:
1.   klik contoh warna pada color bar disamping kanannya
2.   klik warna hijau sehingga muncul Color Scheme warna hijau, dari gelap hingga terang
3.   klik warna yang sesuai dengan keinginan anda, dan klik tombol ADD TO PALETTE sehingga warna pilihan tersebut akan tampil pada Color Palette

Menghapus warna pada color palette:
Jika warna tambahan yang anda buat sudah tidak diperlukan lagi, anda dapat menghapusnya dengan memilih warna tersebut pada Palette Editor lalu klik tombol DELETE COLOR. Jika muncul kotak dialog peringatan, klik tombol YES

Menggunakan Fixed Palette:
CorelDraw menggunakan setting warna CMYK dan RGB sebagai warna defaultnya. Namun anda dapat juga menggunakan Fixed Palette yang merupakan paten dari perusahaan-perusahaan terkenal seperti Pantone, Trumacht. Focoltone. Palet ini memiliki koleksi warna yang paling luas.

* MEMILIH WARNA DENGAN COLOR MIXER *
Untuk menggunakan Color Mixer:
1.   pilihlah sebuah objek yang ingin diwarnai
2.   tekan tombol SHIFT+F11 pada keyboard untuk membuka kotak dialog UNIFORM FILL
3.   pada kotak dialog SELECT COLOR, klik tab MIXER 

Mencampur warna dengan Color Harmonies:
Untuk mendapatkan warna campuran, klik tombol MODEL SELECTOR untuk menentukan model warna yang dikehendaki, kemudian pilih tipe HUE dari warna melalui menu drop down HUES

Uraian dari warna tersebut
-       COOLER: menampilkan variasi warna kearah warna yang sejuk
-       WARMER: menampilkan variasi kearah warna yang hangat
-       DARKER: menampilkan variasi kearah warna yang lebih gelap
-       LIGHTER: menampilkan variasi kearah warna yang lebib muda
-       LESS SATURATION: menampilkan variasi kearah warna yang semakin memucat


* MENGATUR SETTING PALETTE PROPERTIES * 

Membuka Color Palette lakukan langkah berikut ini:
1.   klik menu WINDOWS > COLOR PALETTEs > OPEN PALETTE
2.   pilih drive dan folder color palettes tempat menyimpan file color palette, kemudian klik dua kali pada warna tersebut

Menutup Color Palette lakukan langkah berikut ini:
1.   klik kanan dibagian atas pada batas color palette
2.   klik menu PALETTE > CLOSE

Membuat Color Palette:
Menggunakan Palet Editor lakukan langkah berikut ini
1.   klik menu WINDOW > COLOR PALETTE > PALET EDITOR
keterangan:
-       add color
-       edit color
-       delete color
-       sort color
    2. klik tombol NEW PALETTE kemudian ketikkan nama filenya dan klik SAVE

Membuat Color Palette Melalui Objek lakukan langkah berikut ini:
1.   seleksi objek yang telah diberi warna
2.   klik menu WINDOWS > COLOR PALETTE > CREATE PALETTE FROM SELECTION
3.   pada kotak dialog SAVE PALETTE AS, ketikkan nama filenya
4.   klik tombol SAVE

Membuat Color Palette melalui Dokumen lakukan langkah berikut:
1.        klik menu WINDOWS > COLOR PALETTES >CREATE PALETTE FROM DOCUMENT
2.        pada kotak dialog ketik nama filenya
3.   klik tombol SAVE untuk menyimpannya


* MEWARNAI OBJEK *

Menggunakan fasilitas UNIFORM FILL lakukan langkah berikut ini:
·      pilih objek yang akan diwarnai
·      bukalah flyout INTERACTIVE FILL dan klik INTERACTIVE FILL TOOL 
·      pada property bar, pilih UNIFORM FILL pada bagian FILL TYPE dan tentukan setting yang diinginkan
·      atur setting yang anda inginkan, dan tekan tombol ENTER bila telah selesai

Menggunakan COLOR SPOT lakukan langkah berikut ini:
·      seleksi objek yang akan diwarnai
·      buka flyout FILL TOOL dan klik ikon FILL COLOR DIALOG
·      pada kotak dialog UNIFORM FILL, klik tab PALETTE dan pilih jenis dari kotak daftar PALETTE
·      pilih warna yang diinginkan, kemudian klik tombol OK

Menggunakan Color Viewer lakukan langkah berikut:
·      seleksi objek yang akan digunakan
·      buka flyout FILL TOOL dan klik pada ikon FILL COLOR DIALOG
·      pada kotak dialog UNIFORM FILL klik tab MODELLS, pilih jenis model warna dari kotak daftar model
·      klik tombol option dan pilih COLOR VIWERS
·      pilih warna yang akan digunakan

Menggunakan COLOR  HARMONIES lakukan langkah berikut:
·      seleksi objek yang akan digunakan
·      buka flyout FILL TOOL dan klik ikon FILL COLOR DIALOG
·      pada kotak dialog UNIFORM FILL klik tab MIXER
klik tombol OPTION > MIXER > COLOR HARMONIES
·      pilih bentuk warna yang diinginkan dari kotak daftar HUES dan pilih juga variasinya dari kotak daftar VARIATION
·      pilih satu warna yang diinginkan dan tombol OK

Menggunakan COLOR BLENDS lakukan langkah berikut ini:
·      pilih objek yang ingin digunakan
·      tekan tombol SCHIF+F11 pada keyboard
·      pada kotak dialog UNIFORM FILL klik tab MIXER
·      klik tombol OPTION > MIXER > COLOR BLEND
·      pilih warna objek yang diseleksi kemudian klik tombol OK

Menggunakan fasilitas FOUNTAIN FILL
CorelDraw mempunyai empat macam Fountain Fill yaitu:
·      Linear Fountain Fill
·      Conical Fountain Fill
·      Radial Fountain Fill
·      Square Fountai Fill

Menggunakan Fountain Fill Presets lakukan langkah berikut ini:
·      pilih objek yang akan diwarnai
·      bukalah flyout FILL, lalu klik FOUNTAIN FILL
·      tentukan setting yang diinginkan, kemudian klik tombol OK
Membuat campuran warna pada Fountain Fill, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.   pilih objek yang akan diwarnai
2.   tampilkan kotak dialog FOUNTAIN FILL dengan menekan tombol F11
3.   aktifkan pilihan CUSTOM dengan meng klik lingkaran disampingnya sehingga kotak warna dibawahnya berubah bentuk
4.   klik diatas bidang warna, diantara titik warna kiri dan warna kanan sehingga muncul garis titik-titik. Pada sepanjang garis inilah anda dapat klik posisi dimana anda akan menyisipkan warna tambahan
5.   sekarang pilih warna yang anda kehendaki dari Color Palette disebelah kanan. Jika warna yang anda kehendaki tidak tampak, geserlah slider kebawah. Jika masih belum ada, klik tombol OTHER untuk menampilkan COLORS MODEL

Membuat atribut Fountain Fill
Fountai Fill mempunyai beberapa atribut yang dapat anda atur agar menghasilkan warna yang diinginkan:
-       Angle
-       Step
-       Edge Pad
-       Horizontal
-       Vertical

Menggunakan Fountain Color Presets lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. pilih objek yang akan diwarnai
2. bukalah kotak dialog FOUNTAIN FILL dengan    menekan tombol F11

3. pilihlah FILL dari kotak daftar PRESETS
4. Jika perlu melakukan perubahan lakukan editing seperlunya

Menggunakan Fasilitas PATTERN FILL
CorelDraw memiliki fasilitas Pattern Fill yang dapat anda gunakan dengan beberapa pilihan berikut ini:
-       Two Color
-       Full Color
-       Bitmap Pattern Fill

Untuk menggunakan Pattern Fill, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.   pilih objek yang akan diisi warna
2.   tampilkan kotak dialog PATTERN FILL
3.   pilih jenis Pattern Fill yang dikehendaki, TWO COLOR, FULL COLOR, atau BITMAP
4.   pilih motif yang dikehendaki dengan klik tombol pemilih disebelah kanan contoh motif sehingga akan terbuka jendela yang lebih lebar yang berisi contoh-contoh motif
5.   untuk melihat bagian lain dari jendela ini geserlah balok geser disebelah kanan jendela

Untuk membuat Pattern Fill Two-Color lakukan langkah berikut ini:
1.     pada Property Bar, klik tools CREATE PATTERN sehingga muncul kotak dialog CREATE PATTERN
2.     pada bagian TYPE tandai pilihan TWO-COLOR
3.     pada area RESOLUTION pilih salah satu opsi
-       LOW untuk membuat motif dua warna dengan resolusi rendah
-       MEDIUM untuk membuat motif dua warna dengan resolusi sedang
-       HIGH untuk membuat motif dua warna dengan resolusi tinggi
4.     pilihlah gambar yang akan dijadikan motif dalam fill ini, bila telah selesai klik OK

Untuk membuat motif Pattern Fill dengan jalan mengimpor image, lakukan langkah berikut ini:
1.   pilihlah objek yang akan diwarnai
2.   bukalah FILL FLYOUT, kemudian klik tombol PATTERN FILL
3.   pilihlah salah satu diantara opsi berikut
-       Two Color
-       Full Color
-       Bitmap
4.   klik tombol LOAD
5.   pada kotak dialog IMPORT, pilihlah folder yang memuat nama gambar yang ingin anda pergunakan sebagai motif
6.   klik ganda nama file tersebut
7.   tandai pilihan PREVIEW untuk menampilkan isi file sebelum anda memilihnya

Menggunakan fasilitas TEXTURE FILL
Untuk melakukan Texture  Fill lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.   pilih objek yang akan diwarnai
2.   bukalah FILL FLYOUT lalu klik TEXTURE FILL untuk membuka kotak dialognya
3.   pilihlah TEXTURE LIBRARY dari kotakdaftar TEXTURE LIBRARY
4.   pilih texturenya dari daftar TEXTURE. Tampilan dari texture yang anda pilih akan tampak pada dibawahnya

Untuk menggunakan Texture Fill melalui Property bar adalah sebagai berikut:
1.   pilih objek yang akan diwarnai
2.   klik flyout INTERACTIVE FILL, lalu klik TEXTURE FILL pada Property Bar
3.   pilih tekstur yang diinginkan pada bagian TEXTURE

Untuk memodifikasi Texture Fill lakukan langkah berikut ini:
-       untuk membuat Custom texture Fill: lakukan penataan setting yang diinginkan pada area STYLE NAME
-       untuk penggantian ukuran Texture Tiles: klik pombol TILING, ketikan ukurannya pada kotak WIDTH dan HEIGHT
-       untuk menentukan titik awal tekstur: klik tombol TILING, dan ketikkan posisinya pada kotak X dan Y
-       untuk menentukan posisi Offset Tile: klik tombol TILING, pilih ROW atau COLUMM. Ketikkan nilai pada kotak ROTATE
-       untuk mencondongkan texture fill: klik tombol TILING , dan ketikkan nilai pada kotak SKEW
-       untuk membuat efek cermin Texture Fill: klik tombol TILING, aktifkan pilihan pada kotak MIRROR FILL


Menggunakan Fasilitas POSTSCRIPT TEXTURE FILL
Untuk menggunakan warna tekstur PostScript, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. seleksi objek yang akan diwarnai
2. buka INTERACTIVE FILL FLYOUT lalu klik INTERACTIVE FILL TOOL
3. PADA Property Bar, pilih POSTSCRIPT dari kotak daftar FILL TYPE
4. pilih gambar PostScript yang diinginkan pada kotak POSTSCRIPT FILL TEXTURE

Untuk mengubah nilai Parameter lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.        pada FILL FLYOUT, pilih POSTSCRIPT FILL sehingga muncul kotak dialog POSTSCRIPT TEXTURE
2.        pada Property bar, klik ikon EDIT FILL

Menggunakan fasilitas MESH FILL
Untuk membuat Mesh Fill pada objek, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.   seleksi objek yang akan diwarnai
2.   buka INTERACTIVE FILL FLYOUT dan klik pada INTERACTIVE MESH FILL TOOL
3.   pada Property Bar, ketikkan angka untuk menentukan jumlah kolom pada kotak isian GRID SIZE, bila telah selesai tekan tombol ENTER
4.   untuk menambah Intersection, klik ikon ADD INTERSECTION
5.   untuk menambahkan node diobjek mesh fill, tekan dan tahan tombol SHIFT kemudian klik dua kali pada bagian yang ingin ditambahkan node tersebut
6.   untuk menghilangkan node atau intersection, klik node yang ingin dihilangkan kemudian klik tombol DELETE NODE pada Property Bar
7.   untuk memindahkan node, drag node ketempat baru
8.   untuk jumlah barisnya, ketikkan angkanya pada kotak isian dibagian bawah GRID SIZE dan tekan tombol ENTER
9.   sekarang akan terlihat node pada grid objek, anda bisa mengaturnya sampai mendapatkan bentuk yang diinginkan


 Mau Materi CorelDraw yang lebih Lengkap lagi ?? Download Anita




Tidak ada komentar:

Posting Komentar